Jalan-jalan Ke Negeri Tetangga

by - Jumat, Januari 17, 2020

Mesjid Bandaraya Kota Kinabalu
Anyonghaseo chinggu chinggu. Sesuai judul mari kita cerita tentang jalan-jalan serba mendadak ala-ala Sindi yang ga tau apakah akan berguna atau berguna banget wkwkwkwk. Karena bingung mau opening yang bagaimana Okehh mari kita mulai saja.

Semua ini berawal dari ratcun tiket promo maskapai merah itu. yaup benarrrr AirAsia nuhun AirAsia (anaknya suka sekali berburu promo tanpa terkecuali) hihihi J. Sama sekali ga nyiapin rencana bakalan liburan disaat tahun baru yang udah jelas-jelas high season dan semua orang juga tahu yang namanya liburan pada saat musim liburan itu budgetnya gila-gilaan sekaleeeee. Apalah akutuhhh wkwkwkwk.

Hari itu tepatnya tanggal 11 desember 2019  sambil ngobrol sama teman yang mau mengunjungi pujaan hatinya ke negeri tetangga, diriku pun iseng-iseng cek tiket di aplikasi. Setelah berfikir keras mencari rute mana yang paling murah hahaha ketahuan dehh misquen amatt yakkk. Akhirnya aku memutuskan untuk pilih Kota kinabalu, Sabah Malaysia.

Kota Kinabalu adalah daerah yang sejujurnya baru kukenal akhir-akhir ini. Kenapa? Karena Negara Malaysia yang paling sering di kunjungi kotanya adalah Kuala Lumpur atau KL kota yang kalau search di google gambar yang muncul pasti kembar, enggg menara kembar maksudnya (krikk kriikk). Kalau untuk warga Kalimantan pasti ga asing sama Kuching, lahh apa hubungannya sama Kucing? Jadi di Malaysia itu Kuching juga dijadiin nama kota loh, binatang yang cute itu punya museum besar di sana. Jadi manteman, ternyata di pulau Kalimantan atau borneo terdapat 2 Provinsi yang ga kalah maju dari KL sebagai Ibu Kota negaranya atau kalau di Malaysia nyebutnya Malaysia Bagian Timur, disini ada Negara Bagian Serawak Ibu kotanya Kuching dan Negara Bagian Sabah Ibu Kotanya Kota Kinabalu.

Pertama kali searching di google tentang kota kinabalu adalah pada saat teman aku yang seorang cek'Gu Widhasa Adha Putri atau Panggil saja Widha atau Sasa juga boleh, dia lolos menjadi Guru Indonesia luar negeri. Teman hahahihi di Ruangguru ini berhasil mewujudkan mimpinya buat mengikuti program ini. Ingat Widha? waktu kita berempat berhasil menjadi 1 tim dan bergabung disatu atap perusahaan yang sama yang ditanyaiin pertama kali adalah gimana caranya buat izin atau cuti wkwkwkwk. Jadi, setelah widha berangkat ke negeri seberang dan ditempatkan di daerah kecil semacam kabupaten yang nama daerahnya adalah Keningau barulah kutahu selain Kucing ternyata ada Kota nan indah dan cantik yang masih satu pulau satu rumpun bernama Kota Kinabalu Negara Bagian Sabah, Malaysia. (jangan hujat sindi ya Netijen huhuhu).

Singkat cerita setelah ngecek tiket diaplikasi ternyata Maskapai merah ini memang lagi punya promo buat ke Sabah dan beberapa Negara lain. Akhirnya tanpa mikir sepuluh kali akupun langsung ambil tiket keberangkatan tanggal 1 Januari 2020 rute Kuching – Kota Kinabalu jam 06.00 pagi. Engggg inggg enggggg wkwkwkwk yup kumemilih terbang naik si burung besi dari Kuching bukan dari Pontianak karena perbedaan harga yang WOW bangettttt yaitu kurang lebih 5 kali lipat. Hasil Searching ngobrak-abrik aplikasi akhirnya dapatlah harga pesawat rute Kuching – Kota Kinabalu Pulang pergi dengan bagasi 15 Kg total Rp.750.000.- dari Pontianak Kuching menggunakan Bis dengan tiket Pulang Pergi total Rp.460.000.

Berangkat dari Pontianak tanggal 30 desember Karena mikirin tanggal 1 harus ngejar flight pertama jam 6 pagi jadilah aku memilih tahun baru sendirian di Negara orang dan untuk trip luar negeri pertama kali ini. Untungnya Negara yang aku pilih masih 1 bahasa ibu dengan Negara sendiri jadi benar-benar ga perlu pusing untuk masalah komunikasi Cuman sesuaikan aja sama logat disana.
  • Tanggal 30 desember tepat jam 21.00 WIB berangkat dari Terminal Antar Negara Ambawang.
Jangan Tanya keriwehan proses mau berangkat dehhh luar biasa kejar-kejaran kayak ngejar hantu huhuhu untung gak ketinggalan bis wkwkwkw. Jam 03.00 pagi dini hari sudah sampai diperbatasan PLBN entikong, kurang lebih memakan waktu 6 jam dari Pontianak untuk ke perbatasan. Jam 03 pagi ini ga bisa langsung cap paspor buat ketemu abang-abang dan mba –mba imigrasi jadi kita harus nunggu sekitar 2 jam untuk dibukanya kantor imigrasi jam 5 pagi. Jam 5 pagi antri buat cap passport. Berhubung ini pertama kalinya ke luar negeri sendirian pulakk Alhamdulillah abang-abang imigrasinya cuman minta sidik jari, kiraiin minta jarinya buat dikasi cincin hemmmmm krikk krikkk krikkkk.
  • Jam 06.00 pagi dari perbatasan masuk Negara Malaysia daerah Tebedu sampai Kuching jam 08.00 pagi waktu Indonesia, jam 09 Pagi Waktu Malaysia.
Berhubung aku pesan penginapan dari aplikasi treveloka chek-in nya jam 14.00 jadi, FYI aja buat kalian yang biasanya bingung kalau belum waktu chek in tapi bawa barang se abrek-abrek dan gimana caranya supaya ga riweh gerek-gerek koper kesana kemari, boleh coba untuk titipin aja kopernya ke resepsionis. Kalau mba-mba resepsionisnya baik pasti dibolehin dan karena kebetulan aku waktu sampai di Kuching memang pagi jam 9 terus langsung menuju penginapan, diizinin kok buat titip koper dipenginapan, dan waktu hari terakhir di Kota Kinabalu juga sama aku pindah penginapan pagi dan ketemu mba-mba resepsionis yang baik yang boleh nitip barang disitu sebelum chek-in jadi bisa jalan-jalan dengan tenang dehhhh.
  • Kuching tanggal 31 desember 2019
Waktu dari terminal Kuching aku pesan grab buat sampai ke penginapan dan syukurnya aku dapat pak cik supir grab yang baik. Jadi, Pak cik nya ngajakin ngobrol trus sambil  dalam perjalanan ngenalin kota Kuching, dan nawarin buat diajak jalan ke tempat wisata-wisata di kota Kuching. Awalnya pasti agak sansi ya buat langsung percaya sama orang lain tapi waktu itu aku gak ada pilihan jadi lebih memilih untuk percaya aja, akhirnya aku menyadari satu hal dan berfikir yang mendukung liburan kita menjadi menyenangkan adalah dengan menemukan orang-orang yang baik ramah dan mau berbagi informasi dengan kita dan yang membuat kita merasa jauh lebih aman walau harus berada di Negara orang, dan kembali lagi ke kitanya apa kita bisa ambil resiko buat percaya dengan orang yang baru kita kenal dalam beberapa menit. Aku mutusin buat tukaran no hp dengan pak cik supir grab penduduk local pertama yang ngajakin ngobrol akyuuu wkwkwkwk. Tapi, memang karena aku perlu no pak cik buat nganterin aku supaya ga ditinggalin pesawat besok paginya, yaitu tanggal 1 januari dinihari.

Kebayang gak di kota dan negara yang baru pertama kali kita kunjungi dan harus turun jam 3 pagi, bawa koper, dan harus pesan taksi buat nganterin kita ke airport jam 3 pagi dan itu waktunya habis party of New year, kannnn ngeriiiiii yaaaa. Tapi, itu udh aku pikiran sebelum berangkat gimana caranya supaya bisa aman ke airport dinihari abis taun baruaan yasudahhh Tanya aja sama pak supir grab yang bisa kita percaya dan kita charter trus minta no hp nya supaya bisa kita hubungi dan pesan langsung atau pesan sebelum new year dan dengan resiko lo bobo dan taun baruan di airport wkwkwkwkw.

Setelah dapat no hp pak cik, aku memutuskan buat jalan-jalan ke museum Kuching wkwkwkwk plissss kali ini gak usah sensi yaa kenapa aku milih jalan-jalan ke museum karena dari sampai ke Kuching hujan deras di Kuching tak kunjung reda gaisss bahkan sampai malam, jadi terpaksa aku memilih museum Kuching dan yang paling pasti wanita tetap butuh tempat belanja alias mall hahaha. Satu hari di Kuching cuman ke museum Kuching, ke mall plaza merdeka karena dekat dengan penginapan jadi pulangnya bisa jalan kaki wkwkwkwk sambil lewat waterfront dan ngeliatin persiapan panggung di waterfront untuk malam tahun baru. Chek in di hotel jam 16.00 dan masih hujan deras, pupus harapan buat taun baru di waterfront. Sampai di hotel mandi, istirahat dan turun lagi sekitar jam 19.00 yang udah pasti keawalan kalau mau sampai tahun baru hihihi.

Salah Satu sudut jalan yang sudah cantik
Toko dengan pernak-pernik natal yang lucukk

Jam 7 malam jalan kaki ke waterfront dengan gerimis yang syahdu. Syahdu dan awet bangett sampai lelah bertedeuh, banyak juga yang berseliweran pakai jas hujan yang bening tipis gitu sambil jalan dan nontonin panggung yang udah disiapin oleh hemm masyarakat dan pemerintahan setempat lah pokoknya. Lelah keliling jalan waterfront dan hujan yang makin lebat ga berhenti-berhenti aku mutusin buat pulang ke penginapan sekitar jam 21.00 sambil jalan beli jajanan banyak-banyak biar bisa ngemil sebelum bobok hahaha.  Sengaja banget buat tidur awal biar besok subuh ga kecapeaan dang a kebablasan tidurnya buat flight subuh.

Jam 01.00 dini hari udah bangun karena kedengaran suara petasan non stop setengah jam. Sambil nungguin dijemput pak cik yang udah janjian bakalan dijemput jam 03.30 pagi packing ngemasin barang  naroiin koper di depan biar ga ribet nanti angkat-angkat dan buru-buru. Informasi aja semalam di Kuching aku nginepnya di hostel yang kamarnya pakai dorm gitu, Rp. 70.000,- / malam pesan di Traveloka banyak.

Di jemput dari hostel bener-benar  jam 4 kurang, kemudian sampai Airport sekitar 04.10. kemudian check in, nyimpan bagasi, nunggu setengah jam di ruang tunggu pukul 05.20 udah masuk pesawat, dan lending dengan sangat lancar Alhamdulillah pukul 07.15, nungguin bagasi 15 menit dan nungguin di jemput widha jam 08.00 baru deh meninggalkan Airport ke Sekolah Indonesia Kota Kinabalu.